Senin, 03 Desember 2012

Defenisi dan Contoh Resensi


RESENSI
1. PENGERTIAN
Pernahkan anda dan rekan-rekan anda memperbincangkan sebuah buku, film atau pergelaran drama yang telah kalian saksikan atau baca? Entah itu keunggulannya, kelemahannya, maupun keunikan dari karya tersebut. Nah, secara tidak langsung anda telah meresensi sebuah karya. Karena pengertian resensi adalah mengupas, membahas, maupun mempertimbangkan sebuah karya. Akan tetapi dalam sebuah tulisan. Kata resensi berasal dari bahasa Belanda yaitu Resentie. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan Review. Si pembuat resensi disebut Resensator.
2. JENIS-JENIS
            Ada tiga jenis dalam resenis:
            a. Menggambarkan
                        Jadi disini tidak ada penilaian, hanya menggambarkan/ menginformasikan sebuah karya, tidak lebih.
            b. Menilai
                        Jenis yang kedua ini, selain menggambarkan juga ada proses menilai mengenai keuunggulan maupun kelemahan sebuah karya.
            c. Membandingka
                        Jenis yang terakhir ini dikatakan lebih rumitt dari dua jenis di atas. Karena selain menggambarkan, menilai, juga ada proses pembandingan dengan karya orang lain yang sejenis materinya. Misalkan novel Andrea Hirata yang bermateri pendidikan dibandingkan dengan novel karya penulis yang lain yang bermateri pendidikan juga.
3. UNSUR-UNSUR / KERANGKA DALAM RESENSI
            a. Judul Resensi
b. Resensator
c. Identitas Karya
d. Pendahuluan (berisi biodata pembuat karya)
e. Isi (berisi ulasan tentang karya yang kita resensi, keunggulan dan kelemahannya)
f. Penutup (berisi simpulan dan saran)
Agar dapat lebih memahami, berikut contoh hasil resensi.
MENYULAM KETABAHAN DALAM CINTA
Oleh : Asep Fauzi
Judul Buku                  : Dalam Mihrab Cinta
Penulis                         : Habiburrahman El-Shirazy
Negara                         : Indonesia
Bahasa                         : Indonesia
Genre                          : Roman Islami
Penerbit                       : Jakarta Selatan (Penerbit Republika)
                                      Semarang (Penerbit Basmala Indonesia)
Tahun Terbit               : 2007
Halaman                      : 5-328

              Dalam Mihrab Cinta adalah novel karya Habiburrahman El-Shirazy seorang sarjana Al- Ahzar University Cairo. Dikenal secara nasional sebagai da’i, novelis dan penyair. Beberapa penghargaan berrgengsi berhasil diraihnya antara lain : Pena Award 2005, The Most Favorite Book and Writer 2005, dan IBF Award 2006. Karya-karyanya selalu dinantikan khalayak, karena dinilai membangun jiwa dan menumbuhkan semangat berprestasi.
            Zahra, tokoh dalam novel ini, adalah seorang dosen di sebuah universitas. Ia juga meraih gelar master teknik dari sebuah institut teknologi paling bergengsi di negeri ini. Dia adalah seorang perawan tua yang sering dilamar oleh banyak lelaki, termasuk Dekan Fakultas Teknik, orang nomor satu di Fakultas tempat dia mengajar. Namun semuanya dia tolak dengan alasan dia merasa tidak cocok. Sampai akhirnya ia menjatuhkan pilihannya dan akan menikah dengan seorang penjual kerupuk.
            Akan tetapi, merasa dilecehkan dan dendam karena ditolak dan Zahra lebih memilih si tukang kerupuk. Akhirnya Dekan Fakultas Teknik yang bernama Karman itu membunuh calon suami Zahra. Sehingga pernikahan mereka pun gagal.
Kejadian tersebut tentu saja membuat Zahra trauma, sampai akhirnya ia masuk rumah sakit. Saat dia di rumah sakit, ia dirawat oleh Bu Zulaiha, ibu dari mahasiswa bimbingannya yang bernama Hasan.
Seiring waktu berlalu, bulan ramadhan pun tiba. Zahr dan ibunya merasa sangat kesepian karena ayahnya telah lama meninggal dunia karena penyakit jantung saat megetahui bahwa calon suami Zahrana meninggal karena dibunuh.
Akan tetapi, tanpa diduga-duga, ternyata Hasan jatuh cinta pada Zahrana, dosennya tersebut. Suatu malam Hasan lalu melamar Zahrana dengan sangat yakin, Zahrana pun menerima lamaran Hasan dengan syarat, akad nikah dilangsungkan langsung pada malam itu juga, ba’da shalat tarawih. Dan keluarga hasan pun setuju. Syarat itu ia ajukan, karena Zahrana trauma dan takut pernikahannya gagal lagi. Dan akhirnya kebahagiaan pun menyertai mereka.
Cerita dalam buku ini sangat banyak mengandung pesan yang sangat berguna bagi kehidupan kita, yaitu ketabahan Zahrana dan ketelitian dalam memilih calon pendamping. Dalam setiap kalimat juga sarat akan makna. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan catatan kaki, yang dapat memudahkan pembaca memahami kosakata baru. Dibalut dengan cover yang mewah. Sehingga bagi penggemar buku sangat tertarik saat melihatnya.
Namun, pada halaman buku ini terutama pada bagian kata pengantar dan tentang penulis tidak ada halamannya, yang biasanya kita temui pada buku-buku lain menggunakan angka romawi.
Dengan membaca buku ini, dapat membangun jiwa dan memotivasi dalam menjalani hidup. Agar kita selalu bersabar dalam menghadapi suatu permasalahan.
Sehingga buku ini sangat cocok dibaca oleh remaja maupun dewasa. Agar dapat belajar dari kesabaran Zaharana, tokoh dalam buku ini.
4. TEKNIK PEMBUATAN RESENSI
A. Tahap Persiapan
            1. Memilih buku yang sesuai dengan latar belakang dan minat.
            2. Usahakan buku baru
B. Tahap Pengumpulan Data
            Membaca dengan detil dan mencatat yang penting
C. Tahap Penyusunan
            Menyusun berdasarkan unsur-unsurnya.
5. MANFAAT
a. Bagi resensator
b. Bagi pembuat karya
c. Bagi pembaca resensi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar